Back To Main Page Untuk info telepon kami, silakan click di sini
 
 
 
 

Standard Hosting
Advance Hosting
Price List
Demo Control Panel
Plans Comparison
Order!
Move From Other Company?
Technology
Infrastructure
Transfer Domain
Payment Method
Payment Confirmation
How We Process
Website Definition
How To Minimize Spam
SMTP Definition
Broadband
Bandwidth Speed Test
Service Level Agreement
TOS & AUP
4 Easy Steps
Main Category

Hubungi sales dan support kami 24 x 7
      Hubungi Staff Kami
      Kami Akan Hubungi Anda
      Request Penawaran
PIN BB & WhatsApp hanya untuk perihal sales


Kini TechScape TIDAK lagi mengenakan BIAYA PENDAFTARAN untuk semua paket hosting kami, termasuk untuk anda yang pindah dari provider lain dan yang ingin melakukan upgrade paket hosting
Layanan terbaru: dukungan teknis melalui Blackberry Messenger & WhatsApp untuk pelanggan yang menggunakan paket Developer, Marketplace & Corporate!
Kini TechScape telah menggunakan Control Panel paling canggih: cPanel + 259 Aplikasi seperti aplikasi Online Shop (Shopping Cart), CMS (Portal), Forum Diskusi, Blog, Galeri Foto, Buku Tamu & masih banyak lagi! Click di sini untuk info selengkapnya!
Ingin pindah dari perusahaan web hosting lain ke TechScape... namun kuatir terjadi downtime? Silakan ikuti langkah mudah berikut ini...
Belum yakin Anda harus memulai dari mana? Silakan ikuti 4 langkah mudah membuat website.
8 alasan mengapa pilih TechScape!
Read Our Media Cover


Sudah memahami paket hosting kami? Click di sini untuk langsung ke order form kami!




  Home > Web Hosting > Definisi SMTP

 

 

DEFINISI SMTP


 Apa yang dimaksud dengan SMTP? back to top

Simple Mail Transfer Protocol (SMTP) adalah suatu protokol yang digunakan untuk mengirimkan pesan e-mail antar server, yang bisa dianalogikan sebagai kantor pos. Ketika kita mengirim sebuah e-mail, komputer kita akan mengarahkan e-mail tersebut ke sebuah SMTP server, untuk diteruskan ke mail-server tujuan.

Mail-server tujuan ini bisa dianalogikan sebagai kotak pos di pagar depan rumah kita, atau kotak PO BOX di kantor pos. Email-email yang terkirim akan "nongkrong" di tempat tersebut hingga si pemiliknya mengambilnya. Urusan pengambilan e-mail tersebut tergantung kapan di penerima memeriksa account e-mailnya.

 Saya belum tahu alamat SMTP apa yang harus saya gunakan? back to top

Pada umumnya SMTP telah anda peroleh melalui provider (ISP) anda. Jika anda belum mengetahui alamat SMTP provider, silakan hubungi ISP anda.

Berikut adalah list SMTP beberapa provider yang popular di Indonesia:

  • Telkomnet/Speedy: stmp.telkom.net
  • Fastnet/First Media/Kabelvision: mail.fast.net.id
  • Indosat: smtp.indosat.net.id
  • Biznet: smtp.biz.net.id
  • Net-zap: smtp.net-zap.com
  • Indonet: smtp.indo.net.id
  • Uninet: smtp.uninet.net.id
  • Linknet: mail1.link.net.id
  • CBN: smtp.cbn.net.id
  • Mynet: smtp.mynet.co.id
  • Jetcoms: smtp.jetcoms.net
  • NusaNet: smtp.nusa.net.id
  • Wasantara: jakarta.wasantara.net.id
  • Radnet: smtp.rad.net.id
  • MelsaNet: smtp.melsa.net.id
  • MitraNet: mail.mitra.net.id
  • Centrin: mail.centrin.net.id
  • VisionNet: pluto.vision.net.id
  • Infoasia: smtp.infoasia.net
  • Pacific: smtp.pacific.net.id
  • Dnet: dnet.net.id


 Siapakah yang bertanggungjawab atas terkirim/tidaknya email saya? back to top

Terkirim atau tidaknya e-mail anda... terlambat atau tidak tibanya e-mail anda, tergantung kepada kehandalan SMTP yang anda gunakan. Misalnya outgoing SMTP yang anda gunakan adalah: smtp.telkom.net , maka Telkom lah yang bertanggungjawab atas terkirim atau tidaknya e-mail anda. Terganggunya jaringan antara komputer anda dengan Telkom - atau antara Telkom dengan mail-server yang dituju, dapat menyebabkan kegagalan pengiriman e-mail anda.

 Apa penyebab utama keterlambatan tibanya email saya? back to top

Terlambat atau tidak tibanya e-mail anda, tergantung kepada antrian pada SMTP yang anda gunakan dan mail-server yang dituju. Misalnya outgoing SMTP yang anda gunakan adalah: smtp.telkom.net , maka tergantung sepanjang apa antrian e-mail yang masuk ke jaringan telkom. Apabila e-mail anda telah berhasil terkirim melalui SMTP Telkom, maka selanjutnya ketibaan e-mail anda tergantung pada antrian mail-server penerima.

 Saya telah memasukkan alamat SMTP, kok masih gagal yah? back to top

Beberapa ISP mewajibkan penggunaan SMTP Authentication, pastikan anda telah mencoba mencentang atau mengaktifkan "authentication" pada software e-mail anda. Apabila masih gagal, maka kemungkinan besar disebabkan koneksi ISP anda gagal connect ke port 25 (port smtp) server, sehingga pengiriman tidak berhasil.

 

 
 
Domain | Hosting | Demo cPanel | Order! | Support | Contact back to top

URL: http://techscape.co.id/hosting/smtp.ts
PIN Sales: Blackberry Messenger (270F8D59) & WhatsApp (0821-100-100-96)
Toll Free Telephone Numbers: Indonesia 0800-1-TSCAPE(872273), 0800-1-HOSTING(4678464),
0800-1-DOTCOM(368266) & 0800-1-24-7-365
24 Hour Telephone Numbers: +62 (021) 5890 2888, 5890 2999, 5841778 & 5872108
Fax Numbers: Indonesia +62 (021) 5841778 (ext.123)

© 1999 - 2012 Techscape.com. All rights reserved.
TechScapeŽ is a registered trademark and TechScape logo are trademarks of TechScape.co.id. TM No: IDM000028255
This site requires Flash plugin